INDIRA AGUSTIN


Berpacu menjadi yang terbaik

Etnografi Masyarakat Amerika: Suku Maya

 Benua Amerika pada umumnya di bagi kedalam tiga kawasan, yakni Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Benua ini membentang dari dekat kutub utara hingga ke belahan bumi bagian selatan, sehingga iklim yang ada cukup bervariasi, bergantung pada fokus wilayah yang dimaksud. Sehingga variasi suku dengan ciri fisik yang khas pun sangat beragam. Negara-negara yang berada di kawasan Amerika Utara antara lain Amerika Serikat dan Kanada. Sementara negara-negara yang berada di kawasan Amerika Tengah adalah Meksiko, El Salvador, Guatemala, Kostarika, Panama, Nikaragua, Honduras, Kuba, Haiti, Dominika, Puerto Riko, dan Jamaika. Dan negara-negara yang termasuk dalam kawasan Amerika Selatan antara lain Argentina, Brazil, Cili, Paraguay, Bolivia, Peru, Ekuador, Kolombia, Venezuela, Guyana, dan Suriname.

Di kawasan Amerika Tengah pernah terdapat suatu suku yang peradabannya sangat tinggi, yang pernah meramalkan kiamat akan terjadi di penghujung tahun 2012 melalui sebuah kalender yang dibuat oleh para nenek moyangnya dulu, yang ketika beritanya tersebar ke seluruh penjuru dunia menghasilkan reaksi yang bermacam-macam. Ialah suku Maya yang mendiami wilayah Semenanjung Yukatan. Suku Maya telah berjaya dan membangun peradaban sejak tahun 250M-925M. Sebelum kedatangan bangsa Spanyol di pertengahan abad ke-15, lama mereka membangun peradaban hingga muncullah kota-kota yang pada masa tersebut termasuk kota besar dan maju di dunia, seperti Teotihuacan dan Tula. Mereka mampu mendirikan bangunan dengan nama Chichen Itza dan membangun kanal untuk kepentingan pertanian dan penanaman jagung dan latex dengan sangat bagus. Selain itu, suku ini telah mampu membangun sumur untuk air bersih di atas puncak perbukitan. Moctezuma II menjadi pimpinan Tenochtitlan, salah satu kota terbesar pada awal abad ke-16 dengan populasi yang mencapai 200.000 jiwa (Harris&Needler, 2005:281). Hingga kemudian bangsa Spanyol datang dengan pasukan yang dipimpin oleh Hernan Cortes, tanpa bisa dihalangi oleh Moctezuma II. Cortes mengacaubalaukan situasi politik dan sosial, dan bahkan ia memenjarakan Moctezuma II dan menguasai seluruh wilayah lembah Meksiko. Tidak hanya itu, kedatangan orang-orang Spanyol ini turut membawa berbagai penyakit mulai dari pes, cacar, tipes, dan lain sebagainya. Penyakit-penyakit pada masa itu belum ada obatnya, sehingga menyebabkan kematian yang mencapai dua pertiga jumlah masyarakat lokal. Demikian jika ditinjau dari sisi sejarahnya.

Di masa sekarang, banyak yang beranggapan bahwa keturunan maya sudah punah, meski sebenarnya terdapat sedikitnya 7 juta keturunan Maya yang bahkan masih berbicara bahasa Maya dan sampai saat ini mejaga warisan budaya Maya berupa bangunan bersejarahnya. Pola hidup yang digunakan oleh keturunan Maya adalah hasil akulturasi dari zaman pra-Colombus dan setelah pendudukannya. Komunikasi tertulis mereka menggunakan gambar dan simbol atau “gylph”.

Suku Maya mempercayai banyak dewa –atau politeisme—dengan mengorbankan nyawa manusia sebagai bagian dari ritual kepercayaan tersebut. Hingga saat ini, ritual pengorbanan masih dilakukan oleh keturunan Maya, namun darah yang digunakan adalah darah ayam. Mereka juga mengenal beberapa tanaman obat yang berfungsi untuk membius seseorang guna meningkatkan halusinasi ketika ritual atau upacara keagamaan akan dilaksanakan. Halusinasi oleh mereka dianggap sebagai media yang mampu mendekatkan dengan ala roh sehingga interaksi dengan alam roh dapat dipermudah dengan halusinasi.

Mata pencaharian suku Maya mayoritas berburu dengan panah yang disebut dengan Atlatl, yang ujungnya dilumuri racun untuk melumpuhkan hewan buruannya. Selain berburu, masyarakat suku Maya juga bertani dan berdagang untuk memenuhi kebutuhah hidup sehari-hari. Kebanyakan dari mereka bertani jagung, merica dan berbagai macam buah-buahan. Selain itu mereka juga berternak kalkun dan memelihara anjing serta menjadi nelayan untuk mengumpulkan hasil laut. Dari mata pencaharian ini mereka juga berhasil mengembangkan sistem irigasi yang cukup canggih dan modern pada masanya, yang mamu meminimalisir kemungkinan gagal panen. Makanan khas suku Maya yang sering kita dengar adalah Tortilla, yaitu sayuran dengan daging yang dibalut dengan bahan yang lembut tapi kuat.

Dalam kehidupan masyarakat suku Maya terdapat hirarki yang membagi masyarakat dalam beberapa kelas sosial. Dimana golongan elit atau kelas atas adalah mereka yang kaya yang biasanya memimpin ritual dan memiliki hak-hak istimewa seperti menuntut ilmu. Dan mereka yang berada di kelas bawah adalah golongan petani dan budak. Dalam hal sistem pendidikan, suku Maya telah mengenal sistem penulisan yang dituliskan dalam huruf yang mirip dengan Hierogliyph  untuk mencatat peristiwa penting seperti peristiwa kelahiran dan kematian raja-raja Maya. Selain itu mereka juga ahli dalam bidang astronomi, penanggalan, dan aritmatika. Sebagai contoh adalah mereka telah mampu membuat kalender dengan setiap tahunnya ada 18 bulan, tiap bulan terdapat 20 hari serta terdapat beberapa bulan yang berjumlah 5 hari. Sehingga jumlah total hari yang ada selama satu tahun adalah 365 hari.

Dari sini dapat kita simpulkan bahwa suku Maya yang pernah berjaya di masa lalu dan mendiami wilayah Amerika Tengah khususnya di smenenjung Yukatan yang telah mengenal peradaban yang sangat tinggi dengan mampu mengatur kota-kota, mendirikan kota hingga membuat suatu kalender dan daat meramalkan beberapa kejadian yang akan berlangsung. Suku ini juga mengenal kelas-kelas sosial yang mana golongan kaya lah yang merupakan golongan elit yang biasanya memimpin ritual. Selain itu, suku ini mengembangkan sistem pertanian dengan sangat maju.

 

Referensi:

Harris, Fred R, and Needler, Martin C. 2005. “Mexico A Revolution Laid to Rest,” in Black, Jan Knippers. 2005. Latin America: Its problem and Its Promise, pp 280-310

Anonymous. Nd. [online] Mesoamerica tersedia dalam http://www.famsi.org/ [diakses pada 14 Juni 2012]

Frater, J. 2009. Top 10 Fascinationg Facts about the Mayans.[online] available at http://listverse.com/2009/09/21/top-10-fascinating-facts-about-the-mayans/  [diakses pada 14 Juni 2012]

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :