INDIRA AGUSTIN


Berpacu menjadi yang terbaik

Congress - Decision Making Process: Komite-Komite dalam Kongres

Oleh Kelompok 1A:

1.    Yudo Satryo P                 070710177
2.    Indira Agustin                 071012006
3.    Ergy Ghulam H.              071012023
4.    Radita Febriyanti            071012030
5.    Robitul Haq                     071012049

Di dalam sebuah pemerintahan yang demokratis terdapat pembagian dan pemisahan kekuasaan. Pembagian kekuasaan atau biasa dikenal dengan otonomi terletak pada pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah, dimana di Amerika Serikat pemerintahan daerah merupakan pemerintahan di negara-negara bagian. Sementara pemisahan kekuasaan terbagi menjadi tiga, yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Dan kongres merupakan perwujudan dari legislatif. Tugas dari badan legislatif adalah membuat rancangan undang-undang. Proses pembuatan keputusan membutuhkan waktu yang panjang, mengingat begitu banyak rancangan undang-undang yang diajukan oleh kongres, sehingga pada akhirnya hanya akan ada beberapa rancangan undang-undang yang akan disetujui dan masuk dalam gedung putih. Dalam kongres itu sendiri terdapat pembagian kerja atas wewenang yang dimiliki oleh kongres. Kongres Amerika Serikat terbagi dalam dua kamar, yakni House of Representative dan Senate.  Oleh karena tanggung jawab serta tugas yang mereka emban begitu besar, maka kedua kamar tersebut menggunakan sistem komite dalam melakukan pekerjaannya. Jadi dalam sebuah kamar terdapat beberapa komite yang berfokus dan bertanggung jawab terhadap suatu isu atau permasalahan tertentu.

Komite terbagi dalam komite permanen dan komite sementara. Komite yang permanen antara lain standing committee dan joint committee. (?)

Setiap dari standing committee dari masing-masing kamar itu menetapkan subcommittee dan mengawasi program-program yang dilakukan oleh subcommittes tersebut. Kemudian masing-masing dari komite induk itu mempunyai spesifik isu tertentu, dan tiap-tiap dari subcommittee mempunyai keahlian dalam terhadap setiap detailnya. Subcommittee bekerja dalam proses legislasi secara mandiri dan bertanggung jawab kepada komite induk. Besar tidaknya jumlah subcommittee dipengaruhi oleh seberapa penting dan berpengaruhkah isu yang dikuasainya. Semakin sedikit jumlah subcommittee semakin sedikit pula pesaing agar rancangan undang-undangnya disetujui.

 

Referensi:

Committee Types and Roles, Congressional Research Service, February 14, 2002

http://usgovinfo.about.com/od/uscongress/a/legprocess.htm

http://en.wikipedia.org/wiki/United_States_congressional_subcommittee#cite_note-CRS_Mar_9_2001-1

http://www.contactingthecongress.org/cgi-bin/committee_list.cgi?site=ctc2011

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :