INDIRA AGUSTIN


Berpacu menjadi yang terbaik

Political Parties: The First Party System: Federalist & Democratic Republicans

Jumat, 20 Mei 2011

Oleh Kelompok 1A:

Yudo Satryo P         070710177
Indira Agustin          071012006
Ergy Ghulam H.       071012023
Radita Febriyanti      071012030
Robitul Haq 071012049

Pada negara demokrasi partai politik memainkan peranan penting dalam prosesnya. Sistem partai di Amerika umumnya menganut sistem dua partai ( two-party system ). Sebenarnya tidak ada larangan atau hukum eksplisit terhadap pihak ketiga di Amerika, tetapi kebanyakan lembaga pemerintah membutuhkan pluralitas yang mana berujung pada dominasi dua partai. Pada awal sistem kepartaian di Amerika, Federalis dan Demokratik-Republik adalah dua partai politik pertama yang muncul sebagai dua pilar kepartaian di Amerika. Partai Federalis dipelopori oleh Alexander Hamilton. Sedangkan Partai Demokratik-Republik dengan Thomas Jefferson dan James Madison sebagai pencetusnya (http://www.solcomhouse.com/usapolitical.htm diakses pada 15 Mei 2011). Kedua partai ini menjadi dua partai politik dengan kekuatan besar di era awal kemerdekaan.

Partai Federalis dipimpin oleh Alexander Hamilton. Hamilton dan pengikutnya seperti John Adams dan John Marshall menginginkan kekuasaan lebih besar dalam pemerintahan pusat. Mereka percaya bahwa pemerintah pusat yang kuat akan menjamin persatuan negara dan lebih baik dalam menjaga keamanan nasional. Partai Federalis yang didirikan pada tahun 1793 mempunyai kekuatan yang cukup besar (http://www.solcomhouse.com/usapolitical.htm diakses pada 15 mei 2011). Terbukti dengan dipilihnya dua presiden Amerika Serikat dari Federalis yaitu, George Washington dan John Adams (http://americanhistory.about.com/od/politicalparties/p/federalistparty.htm diakses pada 15 Mei 2011). Partai lain yang cukup berpengaruh pada sistem partai pertama Amerika Serikat ini adalah Partai Demokratik-Republik. Partai ini didirikan oleh Thomas Jefferson akibat perbedaan pandangan dan asumsi dengan Hamilton. Demokratik-Republik didirikan dengan asas bahwa sudah semestinya pemerintahan negara bagian diberi hak kekuasan yang lebih daripada pemerintahan pusat. Sebab, dengan ini kebebasan individu yang menjadi dasar kemerdekaan AS akan lebih terjamin. Sehingga nantinya dari kumpulan negara-negara bagian ini akan terbentuk sebuah negara Amerika Serikat yang lebih kuat dengan asas kebebasan.

Dalam agenda politiknya, Federalis tidak terlalu berpegang teguh pada Konstitusi Amerika. Federalis melihat bahwa konstitusi hanya sebuah dokumen di mana dalam prakteknya harus dikembangkan lebih dalam (http://law.jrank.org/pages/6058/Democratic-Republican-Party.html diakses pada 15 Mei 2011). Federalis lebih memfokuskan agendanya terhadap peningkatan perdagangan dan manufaktur. Hal ini juga disebabkan karena sebagian besar anggota Partai Federalis terdiri dari pengusaha, pemilik tanah, bankir, dan orang-orang yang berkecimpung dalam industri. Sebaliknya Demokratik-Republik sangat ketat dalam menjalankan konstitusi. Dalam hal ekonomi, Demokratik-Republik sangat menaruh perhatian terhadap kelas-kelas pekerja, masyarakat bawah, dan kehidupan kaum pedesaan. Bertolak belakang dengan Federalis yang lebih mengutamakan industri, Demokratik-Republik justru menganggap bahwa aspek agrikultur merupakan aspek yang penting untuk dikembangkan.

Dalam sikapnya terhadap pemerintahan, Federalis memilih pemerintahan terpusat sebagai sarana menjaga ketertiban. Sedangkan Demokratik-Republik memilih pemerintahan yang minimum untuk menjaga hak-hak rakyat. Federalis memandang orang biasa tidak mampu mengatur diri sendiri, yakin bahwa pemerintahan harus dipisahkan sejauh mungkin dari masyarakat, menginginkan pemerintah federal yang kuat dan kekuasaan terbatas untuk negara, menganjurkan departemen eksekutif yang kuat dan pengadilan yang kuat untuk menjaga ketertiban dan menjamin keadilan, menginginkan pembentukan tentara, ingin meniru aristokrasi Inggris (rule by the rich) tanpa raja, dan bersedia menyensor pers untuk kekuasaan politik. Berbanding terbalik dengan Federalis, Demokratik-Republik memandang orang biasa mampu mengatur diri sendiri, yakin bahwa pemerintahan harus dekat dengan masyarakat, menginginkan pemerintah lokal diseluruh negeri karena itu dekat dengan rakyat, menginginkan kongres dan cabang lain dari pemerintah karena lebih mencerminkan keinginan terbanyak, menentang pembentukan tentara karena pemimpin militer bisa mengambil kontrol pemerintahan, menginginkan demokrasi yang lebih dibandingkan parlemen Inggris, kebebasan berbicara dan pers, keterlibatan yang lebih oleh rakyat melalui kualifikasi pengambilan suara, dan ingin mengurangi campur tangan pemerintah dengan mengurangi  jumlah pejabat pemerintah federal.

Dalam perspektifnya terhadap kebijakan luar negeri, Federalis memandang tinggi Inggris dalam budaya dan perdagangan, sedangkan Demokratik-Republik tidak percaya Inggris dan ingin hubungan yang lebih erat dengan Prancis karena baru saja melalui sebuah revolusi demokratis.

Dari penjabaran dapat disimpulkan bahwa Partai Federalis lebih bersikap antipati untuk menaati apa yang tercantum dalam konstitusi karena bagi mereka terlalu normatif dan mementingkan adanya kekuasaan yang terpusat. Sedangkan Demokratik-Republik lebih mengutamakan demokrasi yang tercantum dalam konstitusi dan memandang perlunya pemerintahan di negara bagian.

 

Referensi:

Democratic-Republican Party. (Hitting the headlines article) [online]. Dalam http://law.jrank.org/pages/6058/Democratic-Republican-Party.html [diakses 15 Mei 2011]

Edsiment. The First American Party System: Events, Issues, and Positions. (Hitting the headlines article) [online]. Dalam http://edsitement.neh.gov/curriculum-unit/first-american-party-system-events-issues-and-positions [diakses 15 Mei 11]

Federalist Party. (Hitting the headlines article) [online]. Dalam http://americanhistory.about.com/od/politicalparties/p/federalistparty.htm [diakses 15 Mei 2011].

Federalist Party. (Hitting the headlines article) [online]. Dalam http://www.u-s-history.com/pages/h445.html [diakses 15 Mei 2011].

Solcomhouse. The  United States of America Political Parties. (Hitting the headlines article) [online]. Dalam http://www.solcomhouse.com/usapolitical.htm [diakses 15 Mei 2011].

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :